• Posted by : Unknown Rabu, 10 Februari 2016



    مرؤة ووفاء
    1.      Raja Nu’man bin mundzir keluar untuk berburu, dan dia melakukan dengan kudanya. Dalam berburu dia menjahuhkan diri dari sahabat sahabatnya dipadang pasir dia bingung dan butuh waktu lama kembali ketempat semula. Dan akhirnya dia bertemu dengan laki laki yang bernama Handalah dan istrinya, kemudian Nu’man minta makan dan minum kepada mereka berdua. Yang ada mereka memilikisatu domba ,maka handalah memberi minum susu dari domba itu. Kemudian domba itu disembelih dan dagingnya dijadikan makanan. Dipagi hari Nukman memakai bajunya dan menunggangi kudanya lalu berkata kepada handalah :mintalah bajumu aku adalah raja nukman handalah berkala: akan kulakukan insyaalloh.
    2.      Kemudian nukman pergi ke Hiro’ dan handalah diam sesaat dan setelah itu akhirnya handalah memderita kefakiran yang sangat buruk keadaanya istrinya berkata : hendaklah kmu pergi keraja maka ia pasti akan memberikan kebaikan kepadamu.kemudian dia pergi ke Hiro’. Dan yang mana hari itu bertepatan hari keburukan nukman maka dia pergi ketempat jauh dengan tentara tentaranya dan ia menunggu dan nukman membunuh orang yang pertama tampak. Ketika nukman melihat kepadanya ternyata nukman mengenalinya dan kedudukan nukman menjadi jelek ditempat iru, kemudian handalah berdiri didepan nukman dan nukman berkata kepadanya: kamu kah yang menurunkan ku pada tempo hari. Handalah berkata: ya nukman berkata : apakah kamu tidak datang selain hari ini dia berkata bagai mana saya mengetahui tentang hari ini. Nukman berkata: Demi Alloh jika tampak olehku kegantengan anakku sebelum kamu aku tidak akan melepas membunuhnya ,mintalah kebutuhan duniamu dan mintalah sesuatu ytang patut bagi mu sesungguhnya orang yang terbunuh.
    3.      Handalah mengatakan: apa yang kamu perbuat setelah ,membunuhku. Nukman berkata sesungguhnya tidak ada jalan kedunia . handalah berkata pembunuhan harus maka tanggungkanlah aku mengunjungi keluargaku aku akan berwasiat kepada mereka dan menyiapkan keadaan mereka kemudian aku kembali kepadamu. Nukman berkata: harus ada orang yang menanggung kembalimu pada ku handalah ke Syarik bin amr (asisten nukman) dan berdiri diri disampinya dan berkata wahai Syarik wahai putera amr apakah kematian yang takterelakkan wahai saudara orang yang tertimpa wahai orang yang tak punya saudara wahai saudara nukman.
    4.      Syarik menolak untuk menjadi penanggungnya seorang laki laki bernama Qurod bin Ajda’ ia berkata kepada Nukman: dia tanggungan ku Nukman menjawab apakah kamu yang melakukan dia berkata ya saya akan menanggungnya . Nu’man menjawab : iya memerintahkan handalah dengan lima ratus unta ia pergi kekeluarganya diberi waktu satu tahun pas dari hari sampai hari itu tahun depan setelah tahun berlalu waktunya tunggal satu hari nukman berkata kepada Qurod: apa yang saya likhat darimu kecuali dalam keadaan mati besoik . qurod maka permulaan hari ini menguasai maka sesungguhnya hari esok dekat bagi orang yang melihatnya.
    5.      Ketika pagi pagi Nukman menunggang kuda dan ditemani teman temannya yang menunggang kuda bersenjata ia pergi ketempat yang mana ia bertemu hanhalah dan memerintahkan untuk membunuh Qurod . hampir penjagal/ algojo membunuhnya maka menteri menteri berkata kamu tidak boleh membuhuhnya hingga sempurna harinya maka dia meninggalkannya dan Nukman ingin membunuh Qurrod untuk menyelamatkan Handalah,mata hari hampir tenggelam tiba tiba tampak seseorang dari jauh maka nukman menyuruh penjagal membunuhnya maka dikatakan pada nukman kamu tidak boleh membunuhnya sampai seseorang itu datang pada mu dan kmu tau siapa dia. Maka menunggu orang blaki itu datang ternyata ia adalah Handalah.
    6.      Ketika nukman melihatnya maka kehadirannya terasa berat bagi Nukman maka Nukman berkata: apa yang mendorogmu kembali setelah kamu selamat dari pembunuhan Handalah berkata : menepati janji. Nukman terpengaruh pada perbuatan dan ucapan. Dan dia minta maaf pada Handalah dan Qurrod dan nukman meninggalkan pembunuhan sejak hari itu.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - expresi top

    expresi top - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan