• Posted by : Unknown Rabu, 10 Februari 2016



    الأ عياد فى الا سلا م
    1.       Islam itu sangat memperdulikan hari hari raya. Pertama karena hari raya itu sudah ada sejak dulu. Kedua karena hari itu memiliki hari raya pada hari harinya , dengan hari raya itu mereka bisa bahagia dan beristirahat dari kelelahan kerja nya. Dan hari hari raya setiap umat itu berhubungan  dengan agamanya atau peristiwa yang bersejarah dalam kehidupannya.
    2.       Akan tetapi islam itu tidak meninggalkan orang orang muslim untuk merayakan beberapa hari raya yang mana mereka merayakan sebelum islam muncul, tetapi islam menjadikan bagi mereka dua hari raya yang berhubungan dengan dua ibadah yang mana termasuk ibadah penting yaitu idul fitri ,pelaksanaannya setelah orang orang ialam menyelesaikan ibadah puasa dan mereka senang dengan kembalinya fitri (suci).  Dan  idul adha ,pelaksanaanya setelah jamaah haji yaitu wukuf di Arafah dan mereka senang karena mereka melaksanakan ditempat yang paling suci dan tanah paling mulia.
    3.       Dan pada 2 malam hari raya itu oarang oarandan bersedekah g muslim bertakbir allohuakbar.... berdoa kepada Alloh ,beristigfar dan bersedekah kepada fakir miskin , dan takbi dimulai pada hari raya idul fitri  tepatnya ketika nampak hilal sampai atau hingga orang orang muslim berangkat kemusolla atau denang naik nya imam kemimbar berdasarkan firman Alloh atas petunjuknya yang diberikan kepada mu agar kalian bersyukur. Dan dari kesunahan hari raya itu tampak kebahagiaan dan saling mendoakan mengsihi............ dahulu sahabat nabi saw jika datang waktu hari raya idul fitri sebagaian orang lain berucap: taqobbalallohu minna wa minka.
    4.       Sungguh alloh menjadikan idul fitri itu kesempatan untuk menampakkan rasa bahagia  dan tampak rasa syukur kita kepada alloh karena kita telah melaksanakan ibadah puasa, sebagai mana Alloh menghubungkan puasa itu dengan idul fitri dan menghubungkan haji dengan idul adha didalam puasa  ada lapar dan pencegahan dari  sesuatu yang membatalkan puasa maka jika seorang muslim telah melaksanakan perintah Alloh swt dan melaksanakan ibadah dengan sempurna maka akan merasakan kebahagiaan pada hari raya karena telah melakukan satu rukun yang mulia dari rukun rukun islam dan bebas makan makan yaitu kebahagian atas jiwa dan taat kepada Alloh karena melaksanakan sesuatu yang telah di syariaatkan Nya.
    5.       Dan dari kebahagian yang tampak sekali di hari raya idul fitri bisa memberikan kebahagiaan kepada fakir miskin, dengan memberikan hak hak mereka yaitu berupa zakat sebelum solat idul fitri itu terlaksanakan, dan pada idul adha itu orang orang haji mendapat panggilan langsung dari Alloh bahkan  sungguh Alloh telah mengambil mereka untuk haji ke baitulloh. Maka mereka bercepat  cepat untuk memenuhi panggilan mulia. Mereka meninggalkan rumah, keluarga, dan menanggung susah dan harta untuk itu hari raya islam itu penuh dengan kebahagiaan rasa kebahagiaan itu menyeluruh, orang kaya , orang miskin, orang besar, maupun orang kecil semua merasakan kebahagiaan.
    6.       Dengan beginilah hari raya itu terlaksana dalam pandangan islam singkat tapi bisa dekat orang orang muslim kepada Alloh da waktu yang tepat untuk melakukan kebaikan dan sebab yang membantu untuk menguatkan tali silaturahmi mereka. Dan tampak jelas sekali di hari raya itu orang orang muslim saling gotong royong. Pada hari raya itu saling mencurah rasa rindu dan saling mendatangi satu sama lain dan pada hari raya itu juga mereka mengenakan perhiasan dan baju baju baru dan makan makan yang baik yang telah dirizkikan dengan demikian orang orang muslim dapat bertakarrub dengan Alloh dengan cara beribadah .... mahabbah dan memujiNya.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - expresi top

    expresi top - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan