• Posted by : Unknown Rabu, 10 Februari 2016



    تد و ين السنة النبو ية
    1.       Ketika orang orang muslim menetap dikota madinah rosul memerintah anak anak untuk belajar membaca menulis didalam masjid tempat mereka hidup. Dimadinah dizaman rosul ada 9 masjid para penulis memastikan hal yang pertama untuk menulis adalah al quraan maka dari itu mengambil sebagian waktu mereka . hadis rosululloh sangat lah banyak tak terhenti karena disetiap kejadian adalah ucaPAN. DAN DISETIAP AYAT AYAT KITAB AL QURAAN ADALAH Penyaksian dan tafsir. Dan para penulis tidak memiliki waktu untu membukukan seluruh perkataan nabi atau perbuataan atau ketetapan nabi.
    2.       Rosul telah melarang menulis hadis hadis diawal turunnya waktu  agar tidak tercampur dengan alquraan lalu diizinkan sebagiaan sahabat menulis  supaya tulisan dapat membantu menjaganya dan banyak lagi dari beberapa tulisan hadis  yang tercatat dan terkumpul dio masa dari kehidupan rosul SAW. Lembaran yang terkenal  yang tertulis dimasa nabi ashodhiqoh yang ditulis boleh abdullloh ibu amr bin asy. Rosululloh saw telah meliputi seribu hadis begitu juga lembaran abdulloh yang menulis kannya dan suroh d
    Yang salah satu diaantaranya yang dia bahwa bersamanya dimajlis ilmu.
    3.       Pada masa khulafaur rasiddin abu bakar memerintah untuk mengumpulkan alquraan. Dan ustman memastikan dengan menasih dan mengirimnya keseluruh negara islam. Belom menulis hadis hadis sampai manusia tidak meresa sibuk denganhadis dari pada alquraan dan seperti itu juga para tabiin sampai akhir seratus tahun pertama (akhir abad 1 h)terjegah untuk membukukan hadis sampai pada masa kholifah Umar ibn abul aziz (101H) memerintahkan secara resmi membukukan hadis dan menyerukan para pemimpin disetiap negara, karena takut hilangnya ahli ilmu, dan tersebarnya sebagai hadis hadis yang tidak sohih, termasuk kitab hadis yang terkenal yang pertamakali “muatto’ imam malik imam madinah(179 H) dan musnad ahmad ibn hambal(241 H)” dan hadis belom di bukukan sesuai dengan bab bab sampai masa bukhori dan dimasa ini para ulamak menyusun kitab kitab hadis sohih bukhori dan muslim, turmudi dan abu daud, ibnu majah nasaai.
    4.       Perowi hadis belom mesara cukup mengambil hadis dari negara mereka. Yaitu madinah , satupun tetapi mereka keluar untuk mendapat kenegara yang jauh guna mencari hadis hadis yang mampu dibuat belajar oleh generasi dari Rosul. Para rowi bepergian sepanjang hari dan malam untuk mencari hadis ,diaantara para rowi ada yang berjalan dengan kedua kakinya diaantara mereka melukis perantauaanya yaitu pada umur 15 /20 th dan diantaranya mereka ada yg menetap dan merantau selama 25 th.
    5.       Pada abad 6 H nuruddin muhammad ibnu saib zanka membangun rumah hadis di Damasku yang pertama lalu malik al ayyubi mendirikan ruhan hadi di Kairo th 626 H dari sisni kebutuhan menjadi sedikit untuk merantau dalam mencari hadis meskipun seperti itu , banyak dari pencari hadis cenderung mengutamakan rantauan dan mengelilingi di negara negara. Rantauan ini memiliki dampak yang besar terhadap menyatukan nas hadis hadis. Maka jadilah riwayat tsb saling serupa dalam kitab kitabh sohih disekitar 1 maudhu’ kecuali sebagiaan perbedaan perbedaan yg merata dan hasil dari itu semua adalah menyatunya syariat.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - expresi top

    expresi top - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan