- Home>
- TERJEMAH AROBIYATUN NASYIIN JUS 5
Posted by : Unknown
Rabu, 10 Februari 2016
تارخ المدارس و المعاهد العلمية في العالم الأسلا
مي
1. Masjid adalah dasar utama untuk sekolah dalam peradaban maka
tidak ada tempat ibadah yang masih , tetapi sekolah didalamnya mengajarkan
orang muslim membaca menulis ilmu ilmu syariat dan bahasa, cabang dari ilmu
yang berbeda beda. Kemudian didirika masjid sebuah kuttab dan di khususkan
untuk belajar membaca menulis Al quraan dan segala sesuatu yang berhubungan
dengan ilmu ilmu arab dan olah raga, dan ada kuttab yang menyerupai sekolah
dasar dalam memperbarui masa kini.
2. Kemudian berdiri sebuah sekolah disamping kuttab dan masjid dan
ada pelajaran didalamnya serupa dengan pelajaran sekolah menengah dan sekolah
tinggi sekarang pendidikan gratis dan tingkatan berbeda beda. Maka para siswa
tidak akan menolak dalam pelajaran sekolah menengah dan sekolah tingggi,
pembayarannya melalui pembayaran sekolah, dan tidak ada pendidikan yang di
dal;amnya di kata gorikan , tapi ada peluang pendidikan yang tersedia untuk
semua. Di dalamnya da anak miskinduduk disamping anak orang kaya, anak pedgang
duduk disamping anak pengusaha dan petani dan ada bagian pendidikan di
dalamnya. Bagian dalam untuk orang yang merantau yang tidak dapa membantu
keadaan bahwa hidupnya dibawah nafkah bapak dan bagian luar bagi orang yg ingin
kembali kepada keluarga nya di sore hari.
3. Ada bagian dalam itu gratis juga, disediakan untuk para siswa
yang didalamnya ada makan tidur dan ruang pengkaji dan ruang ibadah. Dan dengan
itu setiap sekolah meliputi : masjid, beberapa kelas yang digunakan untuk pelajaran,
dan kamar tidur para siswa , perpustakaaan , dapur , kamar mandi, dan ada
sebagian...itu atas meliputi lapangan bermain untuk olah raga jasmanai ditempat
terbuka. Dan tidak senantiasa untuk kita
sampai sekarang ini contoh daro sekolah yang
menyebar diseluruh dunia islam contoh sekolah an naruyah yang ditetapkan oleh
nuruddin as syahid di damaskus dan contoh universitas al azhar yang dibangun
oleh as soqly di kairo.
4. Dan pada awal tahun islam para guru tidak mengambil gaji atas
pengajaran nya sehingga apa bila untuk memajukan peradaban dan membangun
sekolah dijadikan bagi para guru kedalam gaji bulanan ada yang cukup untuk
kebahagiaan hidup dan tidak ada yang duduk untuk belajar kecuali orang yang
menyaksikan syeh / pimpinan dengan sanggup dan ada pakaian yaang khusus bagi
para guru dan mmunkinn mengambil
budaya baraT dari pakaiannya para guru andalusia maka itu pada mulanya
pakaian para pelajar yg terkrnal sekarangdi universitas eropa.
5. Sungguh ada sekolah yang memenuhi kota dunia islam dan disebut sebagai sejarah dengan bannyak jumlah yang diakui
dari pimpinan para muslim yang lebih utama adalah dalam komposisi sekolah dalam
perbedaan negara. Sholahuddin al Ayyubi dan Nuruddin as Syahid dan munkin ada
peraturan di Bagdad terutama sekolah sistematis dan kesusahan didalamnya
mempelajari tentang ulama muslim yang terkenal ketika abad 59 hijriyah dan
muknin mencapai jumlah siswa 6000 siswa pendidikan gratis ada beberapa
peradaban karya seni dalam sejarah pondok terkenal dan ada beberapa keunggulan
bagi islam dalam penyebaran ilmu pengangkatan tingkat budaya yang umum dan
pemberian kemudahan jalan untuk semua bangunan publik.