• Posted by : Unknown Selasa, 12 Januari 2016



    فى المسجد الحرام
    1.       Pada waktu dhuha ,saya melaksanakan ibadah umroh ,saya niat menetap atau berdiam ditanah haram yang mulia. Ka;bah didepan saya dan disekitarnya dan disekitar ada orang orang yang towaf ,orang rukuk orang yang sujud majlis ta’lim dan doa.  Wajah wajah yang khusuk yang penuh dengan penyesalan yang mengharapkan rahmat Alloh mereka semua menyaksikan atas pessaudaraan , tidak ada perbedaan jenis ,warna kulit, keberadaan sosial dan ekonomi diantara mereka. Mereka dikumpulkan karena iman kepada Alloh dan melihat firman  Alloh ;Sungguh,(agama tauhid) inilah agama kmu, agama yang satu dan aku adalah tuhan Mu,maka sembahlah Aku ‘”.
    2.       Dan ini pakaian pakaian ikhrom dengan kesederhanaan nya. Apakah kamu tidak melihat ada sesuatu yang sama dengan penutup ka’bah dalam kesederhanaannya yang pertama? Sesungguhnya penutup itu adalah sesuatu yang menyeluruh mudah,toleran dengan rumah kuno(ka’bah(. Dan seakan akan batu batunya ka’bah adalah tubuhnya dan penutup atau satir adalah selendangnya dan kedua mata mu berputar, membaca ayat ayat mulia diatas penutup  ,kemudian matamu menatap batu hitam  seakan akan ia adalah matanya ka’bah jelas dari penutupnya :perak yg ada disekitar nya adalah putihnya mata dan batu adalah hitamnya ,seperti mata ini menemukan fenomena (gambaran )orang orang mukmin didalam kitab kitab mulia yang dimuliakan (disisi alloh)yang ditinggalkan dan disucikan ditangan para utusan malaikat yang mulai lagi terbangkit.
    3.       Mata naik dari ka’bah kelangit datang  dengan pandangan yang khusuk .....merpati merpati jinak terbang mengelilinginya. Seakan akan memberi ucapan selamat yang baik.... sesungguhnya tanah haram adalah tempat yang selalu .... sepanjang abad siang malam musim dingin dan panas,....,disana akan menemukan hal hal yang selalu terjaga / hidup pada Tuhannya dan turun rahmat alloh alangkah mulianya apa yang turun dari langit aku menetap ditanah haram beberapa waktu dan didepan mata ku telah lewat sekelompok yang aku kenal . maka saya minta ampunan dan petunjuk kepada Alloh untuk mereka. Saya memberhentikan kelompok yang tampangnya berbuat kejahatan pada ku. Maka saya mendo’akannya dengan kebaikan. Maka rahmat Tuhan ku lebih luas dari segala sesuatu . mudah mudahan kaum ku tau seberapa luas bumi Alloh dan seberepa luas rahmat Alloh.
    4.       Dan saya melihat pada zam zam. Saya ingat ibu kita Hajar ,beliau datang dari mesir dari sekitar sungai NIL agar beliau menempati bumi yang disifati oleh Alloh dalam kitabnya atas lisan Ibrahim As Ya Alloh sesungguhnya aku telah menempatkan keturunanku dilembah yang tidak mempunyai tanaman didekat rumah Engkau yang dihormati Ya Alloh yang demikian itu agar mereka melaksanakan solat maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung pada mereka dan  berilah mereka rizki dan buah buahan dan mudah mudahan mereka bersyukur. Ibrahim pergi dan Hajar menetap bersama Ismail. Sejarah kita menjaga gambaram ini yakni ibu , anak ,iman dan haus. Ibu berlari lari kecil antara sofa dan marwa karena mencari air. Dan apa ibu bisa jauh dari sikecil ? cinta mendorong ada disamping dan haus mendorong mencari air. Harapan Alloh besar  lalu zam zam ini memancarkan air di kedua tangan ibu hajar. Demi dirinya dan anak kecilnya dan demi setiap pengunjung yang kerumah zaman dahulu.
    5.       Sesungguhnya haji itu dad 2 perjalanan ,perjalanan dimana orang orang mukmin pindah dari rumah mereka ke rumah kuno. Dan perjalanan ke Arofah masyaril dari mina, lalu kembali ke makkah. Seakan akan ka’bah itu pusat dunia islam,dan orang orang mukmin adalah tetesan darah yang hidup yang pindah kepusat ini dari setiapa jalan yang dalam, jika mereka towaf dan sa’i maka mereka bertolak ke arofah dan Mina. Lalu jika mereka telah wuquf di arofah dan bermukim di mina mereka kembali ke ka’bah untuk sampai ke rumah islam dalam keadaan baru.   

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - expresi top

    expresi top - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan