- Home>
- KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN E LEARNING
Posted by : Unknown
Minggu, 22 Januari 2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa saya
panjatkan kepada Allah SWT. yang mana atas berkat dan pertolongan-Nyalah saya
dapat menyelesaikan makalah ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada dosen
pembimbing saya yang telah membimbing saya sehingga saya bisa menyelesaikan
makalah ini sesuai waktu yang telah ditentukan.
Sholawat serta salam
senantiasa saya haturkan kepada suritauladan kita Nabi Muhammad SAW. yang
selalu kita harapkan syafa’atnya di hari kiamat nanti.
Makalah ini saya buat dalam rangka untuk menambah
pengetahuan dan wawasan mengenai “Pengertian dan cirri-ciri media pembelajaran yang
efektif”. Makalah ini juga dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah “E-Learning
dalam Pembelajaran Bahasa Arab”
Dengan segala keterbatasan yang ada, penulis telah
berusaha dengan segala daya dan upaya guna menyelesaikan makalah ini. Penulis
menyadari bahwasanya makalah ini jauh
dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang
membangun dari para pembaca untuk menyempurnakan makalah ini. Atas kritik dan
sarannya saya ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya.
Jombang, 17 Desember 2016
Wahyu
Nur Cahyani
DAFTAR ISI
Kata
pengantar.................................................................................................................... i
Daftar isi............................................................................................................................. ii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar belakang......................................................................................................... 1
B. Rumusan masalah..................................................................................................... 1
C. Tujuan makalah......................................................................................................... 1
BAB II: PEMBAHASAN
A. Pengertian dan konsep media
pembelajaran............................................................. 2
B. Manfaat dan fungsi media
pembelajaran.................................................................. 3
C. Cirri-ciri media pembelajaran
yang efektif............................................................... 5
BAB III: PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring
dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang mengaharuskan manusia untuk
menjalin komunikasi dengan berbagai suku bangsa, maka aspek kebahasaan memegang
peranan yang sangat penting. Bahasa sebagai alat komunikasi, baik verbal maupun
non verbal, dapat membantu dalam menentukan terlaksananya proses komunikasi
dengan baik. Oleh sebab itu, bahasa merupakan salah satu ilmu yang banyak
dipelajari oleh peserta didik di lembaga pendidikan.
Sebuah
pembelajaran, baik pembelajaran bahasa ataupun lainnya akan terasa jemu dan
stagnan jika tanpa media pembelajaran. Media pembelajaran
merupakan salah satu komponen proses belajar mengajar yang memiliki peranan
sangat penting dalam menunjang keberhasilan
proses belajar mengajar.[1]
Media pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan
untuk keperluan pembelajaran dan mencapai tujuan dan keberhasilan pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran
bahasa kita butuh media yang tepat dan efektif agar tujuan pembelajaran tercapai.
B.
Rumusan Masalah
A. Apa itu media pembelajaran?
B. Apa manfaat dan fungsi media
pembelajaran?
C. Apa ciri-ciri media pembelajaran
yang efektif ?
C.
Tujuan makalah
A. Untuk mengetahui definisi media
pembelajaran.
B. Untuk mengetahui manfaat dan fungsi
media pembelajaran.
C. Untuk mengetahui ciri-ciri media
pembelajaran yang efektif.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian dan
Konsep Media Pembelajaran
Media
pembelajaran terdiri dari dua kata, media dan pembelajaran. Media berasal dari bahasa
latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah
berarti “perantara” yaitu perantara sumber pesan (a source) dan penerima
pesan (a receiver).[2]
Media salah satu alat komunikasi dalam menyampaikan pesan tentunya sangat bermanfaat
jika diimplementasikan dalam ranah pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran,
dapat dikatakan bahwa media merupakan wahana penyalur pesan atau informasi
belajar.[3]
Lebih dari itu, dalam media, terdapat perpaduan antara hardware dan software.[4]
Dengan kata lain media merupakan perangkat keras (hardware) yang telah
diisi dengan perangkat lunak (software).
Para
ahli memberikan batasan khusus berkenaan dengan pengertian media. Wilbur
Schraman menyebutkan bahwa media adalah sebuah teknologi pembawa pesan yang
dapat dimanfaatkan untuk keperluan intruksional. NEA (National Education
Association) juga mengatakan bahwa media adalah sarana komunikasi dalam
bentuk cetak, pandang, maupun dengar, termasuk teknologi perangkat kerasnya.[5]
Selain itu, Asosiasi Teknolofi dan Komunikasi Pendidikan di Amerika juga
memberi batasan berkenaan dengan media, yaitu segala bentuk dan salurannya yang
digunakan oleh seseorang yang menyalurkan pesan atau informasi.
Media
pembelajaran merupakan salah satu komponen proses belajar mengajar yang memiliki
peranan sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Hal ini sesuai
dengan pendapat Gagne, yang menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis
komponen dalam lingkungan siswa yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar.
[6]
Pada
awalnya, media pembelajaran hanya merupakan alat bantu yang dipergunakan oleh
guru atau seorang pendidik untuk menyampaikan materi atau informasi belajar.
Berbeda dengan saat ini, kehadiran media pembelajara juga dapat memberikan
dorongan, stimulus maupun pengembangan aspek intelektual maupun emosional
siswa. Pada mulanya alat bantu yang digunakan hanya berupa visual yaitu berupa
sarana yang dapat memberikan pengalaman melalui indra penglihatan untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Dapat memperjelas dan mempermudah konsep abstrak,
dan mempertinggi daya serap atau retensi belajar. Akan tetapi pada saat ini
media haruslah dapat memotivasi siswa dalam belajar, membangkitkan kreativitas
siswa, belajar berpikir tingkat tinggi.
Jadi
dapat dikatakan bahwa media pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa
pesan yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran dan mencapai tujuan/keberhasilan
pembelajaran. Atau dapat dikatakan bahwa media pembelajaran adalah segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian penerima (siswa) sebagai tanda terjadinya
proses pembelajaran.[7]
B.
Manfaat dan Fungsi
Media Pembelajaran
Media
pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk
keperluan pembelajaran dan mencapai tujuan dan keberhasilan pembelajaran.
Sedangkan dua unsur yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar adalah
metode dan media, karena dengan metodelah kita dapat menentukan jenis media
yang akan kita gunakan saat kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, media
pembelajaran memiliki manfaat dan fungsi dalam kegiatan belajar mengajar.
Adapun manfaat media pembelajaran dalam proses pembelajaran adalah sebagai
berikut:[8]
1.
Pembelajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2.
Materi
pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para
siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik.
3.
Metode pembelajaran
akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata
oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi
bila guru harus mengajar untuk setiap jam pembelajaran.
4.
Siswa lebih
banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru,
tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan
lain-lain.
Selain
itu, menurut Kempt & Dayton, fungsi utama media pembelajaran
yaitu:[9]
1. Memotivasi
minat dan tindakan, direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan.
2. Menyajikan
informasi, digunakan dalam rangka penyajian informasi di hadapan sekelompok
siswa.
3. Memberi
intruksi, materi yang terdapat dalam media harus melibatkan siswa.
Sedangkan
sebagaimana yang dikutip oleh Umi Machmudah dalam buku Active Learing, Ulin
Nuha menyatakan bahwa fungsi dan kegunaan media pembelajaran adalah sebagai
berikut:[10]
1. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu terkesan verbalistik (dalam bentuk kata
tertulis ataupun lisan).
2. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra, seperti:
a. Objek
yang besar dapat digantikan dengan realitas gambar atau model.
b. Objek
yang kecil bisa dibantu dengan proyektor mikro.
c. Kejadian
atau peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau dapat ditampilkan melalui rekaman,
film, video, dan lain-lain.
3. Penggunaan
media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif
peserta didik. Dalam hal ini, media pembelajaran berfungsi untuk:
a. Menimbulkan
motivasi dan semangat belajar siswa.
b. Memungkinkan
interaksi yang lebih langsung antara peserta didik dengan lingkungan dan
kenyataan.
c. Memungkinkan
siswa untuk belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya.
d. Memudahkan
menggali informasi informasi yang di butuhkan.
Adapun
fungsi media pembelajaran menurut
Hamalik adalah sebagai berikut:[11]
1. Untuk
mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif.
2. Penggunaan
media merupakan bagian integral dalam sisitem pembelajaran.
3. Media
pembelajaran merupakan bagian penting untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4. Penggunaan
media pembelajaran adalah untuk mempercepat proses pembelajaran dan membantu
siswa dalam upaya memahami materi yang disajikan oleh guru.
5. Penggunaan
media pembelajaran dimaksudkan untuk mempertinggi mutu pendidikan.
C.
Ciri-Ciri Media
Pembelajaran yang Efektif
Pembelajaran
merupakan sebuah sistem, yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan
satu dengan yang lain. Komponen tersebut meliputi: tuujuan, materi, metode, dan
evaluasi. Keempat komponen tersebut harus diperhatikan oleh guru dalam memilih
dan menentukan media, metode, strategi, dan pendekatan apa yang akan digunakan
dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu proses menciptakan
kondisi yang kondusif agar terjadi interaksi komunikasi belajar mengajar antara
guru, peserta didik, dan komponen pembelajaran lainnya untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Oleh sebab itu media pembelajaran yang efektif adalah media yang
dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Adapun sebagian cirri
media pembelajaran yaitu:
1. Media
pembelajaran berisi pesan atau informasi belajar terkait materi yang sedang
dibahas.
2. Menimbulkan
semangat belajar siswa.
3. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan jarak.
4. Memudahkan
siswa dalam penggunaan media yang digunakan.
5. Membantu
guru dalm proses pembelajaran/menyampaikan pesan/materi, dan lain sebagainya.
Adapun
menurut Ulin Nuha, media pembelajaran dapat efektif, dengan arti berjalan
sebagaimana rencana awal, apabila tidak terdapat suatu kendala atau kesalahan
teknis yang membuat media tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Apabila
media tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai penyalur pesan, maka dapat dikatakan bahwa media
tersebut tidak efektif atau bahkan tidak berfungsi dalam kegiatan pembelajaran.[12]
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Media
pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk
keperluan pembelajaran dan mencapai tujuan dan keberhasilan pembelajaran. Atau
dapat dikatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian penerima (siswa) sebagai tanda
terjadinya proses pembelajaran.
Adapun
menurut Kempt & Dayton, fungsi utama media pembelajaran
yaitu:
1. Memotivasi
minat dan tindakan, direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan.
2. Menyajikan
informasi, digunakan dalam rangka penyajian informasi di hadapan sekelompok
siswa.
3. Memberi
intruksi, materi yang terdapat dalam media harus melibatkan siswa.
Adapun
menurut Ulin Nuha, media pembelajaran dapat efektif, dengan arti berjalan
sebagaimana rencana awal, apabila tidak terdapat suatu kendala atau kesalahan
teknis yang membuat media tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Apabila
media tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai penyalur pesan, maka dapat dikatakan bahwa media
tersebut tidak efektif atau bahkan tidak berfungsi dalam kegiatan pembelajaran.
DAFTAR
PUSTAKA
Nuha, Ulin.
2016. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta:Diva
Press.
Rohman, Fathhur.
2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani Media
Rusman, Dkk.
2013. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Hermawan, Acep.
2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[1] Dr. Rusman,dkk,Pembelajaran
Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: PT Rajagrafindo
Persada, 2013), hlm., 169
[3] Ulin Nuha, Ragam Metodologi dan
Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Diva Press, 2016), hlm., 250.
[4] Ibid., hlm., 250
[5] Ibid., hlm., 251
[6] Op.cit., Dr. Rusman, hlm., 170
[7] Op.cit Ulin Nuha, hlm., 253.
[8] Op.cit., Dr. Rusman, hlm., 172
[9] Op.cit., Dr. Rusman, hlm., 172
[10] Op.cit Ulin Nuha, hlm., 260.
[11] Op.cit., Dr. Rusman, hlm., 172
[12] Op.cit Ulin Nuha, hlm., 253.