• Posted by : Unknown Minggu, 22 Januari 2017



     KATA PENGANTAR

    Puji syukur senantiasa saya panjatkan kepada Allah SWT. yang mana atas berkat dan pertolongan-Nyalah saya dapat menyelesaikan makalah ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada dosen pembimbing saya yang telah membimbing saya sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini sesuai waktu yang telah ditentukan.
    Sholawat serta salam senantiasa saya haturkan kepada suritauladan kita Nabi Muhammad SAW. yang selalu kita harapkan syafa’atnya di hari kiamat nanti.
              Makalah ini saya buat dalam rangka untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai “Pengertian dan cirri-ciri media pembelajaran yang efektif”. Makalah ini juga dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah “E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab”
                Dengan segala keterbatasan yang ada, penulis telah berusaha dengan segala daya dan upaya guna menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari  bahwasanya makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk menyempurnakan makalah ini. Atas kritik dan sarannya saya ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya.




    Jombang, 17 Desember 2016

    Wahyu Nur Cahyani









    DAFTAR ISI


    Kata pengantar.................................................................................................................... i
    Daftar isi............................................................................................................................. ii
    BAB I: PENDAHULUAN
         A.  Latar belakang......................................................................................................... 1
         B.  Rumusan masalah..................................................................................................... 1
         C.  Tujuan makalah......................................................................................................... 1
    BAB II: PEMBAHASAN
         A.  Pengertian dan konsep media pembelajaran............................................................. 2
         B.  Manfaat dan fungsi media pembelajaran.................................................................. 3
         C.  Cirri-ciri media pembelajaran yang efektif............................................................... 5
    BAB III: PENUTUP
         A.  Kesimpulan............................................................................................................... 7
    DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 8














    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang
    Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang mengaharuskan manusia untuk menjalin komunikasi dengan berbagai suku bangsa, maka aspek kebahasaan memegang peranan yang sangat penting. Bahasa sebagai alat komunikasi, baik verbal maupun non verbal, dapat membantu dalam menentukan terlaksananya proses komunikasi dengan baik. Oleh sebab itu, bahasa merupakan salah satu ilmu yang banyak dipelajari oleh peserta didik di lembaga pendidikan.
    Sebuah pembelajaran, baik pembelajaran bahasa ataupun lainnya akan terasa jemu dan stagnan jika tanpa media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen proses belajar mengajar yang memiliki peranan sangat penting dalam menunjang keberhasilan  proses belajar mengajar.[1] Media pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran dan mencapai tujuan dan keberhasilan pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran bahasa kita butuh media yang tepat dan efektif agar tujuan pembelajaran tercapai.

    B.     Rumusan Masalah
    A.    Apa itu media pembelajaran?
    B.     Apa manfaat dan fungsi media pembelajaran?
    C.     Apa ciri-ciri media pembelajaran yang efektif ?

    C.     Tujuan makalah
    A.    Untuk mengetahui definisi media pembelajaran.
    B.     Untuk mengetahui manfaat dan fungsi media pembelajaran.
    C.     Untuk mengetahui ciri-ciri media pembelajaran yang efektif.


    BAB II
    PEMBAHASAN

    A.    Pengertian dan Konsep Media Pembelajaran
    Media pembelajaran terdiri dari dua kata, media dan pembelajaran. Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah berarti “perantara” yaitu perantara sumber pesan (a source) dan penerima pesan (a receiver).[2] Media salah satu alat komunikasi dalam menyampaikan pesan tentunya sangat bermanfaat jika diimplementasikan dalam ranah pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran, dapat dikatakan bahwa media merupakan wahana penyalur pesan atau informasi belajar.[3] Lebih dari itu, dalam media, terdapat perpaduan antara hardware dan software.[4] Dengan kata lain media merupakan perangkat keras (hardware) yang telah diisi dengan perangkat lunak (software).
    Para ahli memberikan batasan khusus berkenaan dengan pengertian media. Wilbur Schraman menyebutkan bahwa media adalah sebuah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan intruksional. NEA (National Education Association) juga mengatakan bahwa media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak, pandang, maupun dengar, termasuk teknologi perangkat kerasnya.[5] Selain itu, Asosiasi Teknolofi dan Komunikasi Pendidikan di Amerika juga memberi batasan berkenaan dengan media, yaitu segala bentuk dan salurannya yang digunakan oleh seseorang yang menyalurkan pesan atau informasi.
    Media pembelajaran merupakan salah satu komponen proses belajar mengajar yang memiliki peranan sangat penting dalam menunjang keberhasilan  proses belajar mengajar. Hal ini sesuai dengan pendapat Gagne, yang menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar. [6]
    Pada awalnya, media pembelajaran hanya merupakan alat bantu yang dipergunakan oleh guru atau seorang pendidik untuk menyampaikan materi atau informasi belajar. Berbeda dengan saat ini, kehadiran media pembelajara juga dapat memberikan dorongan, stimulus maupun pengembangan aspek intelektual maupun emosional siswa. Pada mulanya alat bantu yang digunakan hanya berupa visual yaitu berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman melalui indra penglihatan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dapat memperjelas dan mempermudah konsep abstrak, dan mempertinggi daya serap atau retensi belajar. Akan tetapi pada saat ini media haruslah dapat memotivasi siswa dalam belajar, membangkitkan kreativitas siswa, belajar berpikir tingkat tinggi.
    Jadi dapat dikatakan bahwa media pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran dan mencapai tujuan/keberhasilan pembelajaran. Atau dapat dikatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan  ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian penerima (siswa) sebagai tanda terjadinya proses pembelajaran.[7]

    B.     Manfaat dan Fungsi Media Pembelajaran
    Media pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran dan mencapai tujuan dan keberhasilan pembelajaran. Sedangkan dua unsur yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar adalah metode dan media, karena dengan metodelah kita dapat menentukan jenis media yang akan kita gunakan saat kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran memiliki manfaat dan fungsi dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun manfaat media pembelajaran dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:[8]
    1.        Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
    2.        Materi pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik.
    3.        Metode pembelajaran akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi bila guru harus mengajar untuk setiap jam pembelajaran.
    4.        Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.
    Selain itu, menurut Kempt & Dayton, fungsi utama media pembelajaran yaitu:[9]
    1.      Memotivasi minat dan tindakan, direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan.
    2.      Menyajikan informasi, digunakan dalam rangka penyajian informasi di hadapan sekelompok siswa.
    3.      Memberi intruksi, materi yang terdapat dalam media harus melibatkan siswa.
    Sedangkan sebagaimana yang dikutip oleh Umi Machmudah dalam buku Active Learing, Ulin Nuha menyatakan bahwa fungsi dan kegunaan media pembelajaran adalah sebagai berikut:[10]
    1.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu terkesan verbalistik (dalam bentuk kata tertulis ataupun lisan).
    2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra, seperti:
    a.       Objek yang besar dapat digantikan dengan realitas gambar atau model.
    b.      Objek yang kecil bisa dibantu dengan proyektor mikro.
    c.       Kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau dapat ditampilkan melalui rekaman, film, video, dan lain-lain.
    3.      Penggunaan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif peserta didik. Dalam hal ini, media pembelajaran berfungsi untuk:
    a.       Menimbulkan motivasi dan semangat belajar siswa.
    b.      Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara peserta didik dengan lingkungan dan kenyataan.
    c.       Memungkinkan siswa untuk belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya.
    d.      Memudahkan menggali informasi informasi yang di butuhkan.
    Adapun fungsi media pembelajaran menurut  Hamalik adalah sebagai berikut:[11]
    1.      Untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif.
    2.      Penggunaan media merupakan bagian integral dalam sisitem pembelajaran.
    3.      Media pembelajaran merupakan bagian penting untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    4.      Penggunaan media pembelajaran adalah untuk mempercepat proses pembelajaran dan membantu siswa dalam upaya memahami materi yang disajikan oleh guru.
    5.      Penggunaan media pembelajaran dimaksudkan untuk mempertinggi mutu pendidikan.

    C.     Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Efektif
    Pembelajaran merupakan sebuah sistem, yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Komponen tersebut meliputi: tuujuan, materi, metode, dan evaluasi. Keempat komponen tersebut harus diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menentukan media, metode, strategi, dan pendekatan apa yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu proses menciptakan kondisi yang kondusif agar terjadi interaksi komunikasi belajar mengajar antara guru, peserta didik, dan komponen pembelajaran lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu media pembelajaran yang efektif adalah media yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Adapun sebagian cirri media pembelajaran yaitu:
    1.      Media pembelajaran berisi pesan atau informasi belajar terkait materi yang sedang dibahas.
    2.      Menimbulkan semangat belajar siswa.
    3.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan jarak.
    4.      Memudahkan siswa dalam penggunaan media yang digunakan.
    5.      Membantu guru dalm proses pembelajaran/menyampaikan pesan/materi, dan lain sebagainya.
    Adapun menurut Ulin Nuha, media pembelajaran dapat efektif, dengan arti berjalan sebagaimana rencana awal, apabila tidak terdapat suatu kendala atau kesalahan teknis yang membuat media tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Apabila media tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai penyalur  pesan, maka dapat dikatakan bahwa media tersebut tidak efektif atau bahkan tidak berfungsi dalam kegiatan pembelajaran.[12]


























    BAB III
    PENUTUP

    A.    Kesimpulan
    Media pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran dan mencapai tujuan dan keberhasilan pembelajaran. Atau dapat dikatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan  ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian penerima (siswa) sebagai tanda terjadinya proses pembelajaran.
    Adapun menurut Kempt & Dayton, fungsi utama media pembelajaran yaitu:
    1.      Memotivasi minat dan tindakan, direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan.
    2.      Menyajikan informasi, digunakan dalam rangka penyajian informasi di hadapan sekelompok siswa.
    3.      Memberi intruksi, materi yang terdapat dalam media harus melibatkan siswa.
    Adapun menurut Ulin Nuha, media pembelajaran dapat efektif, dengan arti berjalan sebagaimana rencana awal, apabila tidak terdapat suatu kendala atau kesalahan teknis yang membuat media tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Apabila media tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai penyalur  pesan, maka dapat dikatakan bahwa media tersebut tidak efektif atau bahkan tidak berfungsi dalam kegiatan pembelajaran.












    DAFTAR PUSTAKA

    Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta:Diva Press.
    Rohman, Fathhur. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani Media
    Rusman, Dkk. 2013. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
    Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


    [1] Dr. Rusman,dkk,Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013),  hlm., 169
    [2] Ibid.,  hlm., 169.
    [3] Ulin Nuha, Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Diva Press, 2016), hlm., 250.
    [4] Ibid., hlm., 250
    [5] Ibid., hlm., 251
    [6] Op.cit., Dr. Rusman, hlm., 170
    [7] Op.cit Ulin Nuha, hlm., 253.
    [8] Op.cit., Dr. Rusman, hlm., 172
    [9] Op.cit., Dr. Rusman, hlm., 172
    [10] Op.cit Ulin Nuha, hlm., 260.
    [11] Op.cit., Dr. Rusman, hlm., 172
    [12] Op.cit Ulin Nuha, hlm., 253.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - expresi top

    expresi top - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan